Friday, August 5, 2016

SEJARAH DESA TOLBUK

Sunset di Desa Tolbuk 
Desa Tolbuk merupakan merupakan desa kecil yang tidak terlalu banyak dijamah oleh kecanggihan teknologi yang berkembang saat ini. Desa yang letaknya di utara kabupaten bangkalan madura. Menurut cerita dari sesepuh warga Tolbuk, berdirinya desa tolbuk tidak dapat dipastikan sebab sumber informasi yang ada sudah meninggal dunia saat ini, namun hal ini tidak menjadikan suatu alasan untuk tidak menggali sejarah berdirinya Desa Tolbuk. Masyarakat Tolbuk memiliki keahlian sebagai tukang yang sudah sangat terkenal dari dulu sebab hasil kerja masyarakat tolbuk dikenal diseluruh kabupaten bangkalan . selain memiliki keahlian tukang perekonomian desa tolbuk didukung dari dua sektor yaitu peternakan dan pertani. Pada sektor peternakan masyarakat tolbuk sangat ahli dalam pemeliharaan hewan ternak sapi Tolbuk.

Pendidikan di desa Tolbuk sudah ada sejak tahun 1970, dimana lembaga pendidikan berupa madrasah atau surau. Perkembangan pendidikan sejak tahun tersebut terus berkembang hingga tahun 2005, dimana jumlah lembaga pendidikan di Desa Tolbuk saat itu ada tiga, namun yang bertahan hingga tahun 2015 hanya ada satu lembaga dan itu merupakan pendidikan formal yang sudah berdiri sejak tahun 1985 yaitu SD Negeri Tolbuk.

Tingkat perekonomian masyarakat tolbuk pada masa itu bisa dilihat dari keadaaan rumah, dimana untuk kalangan atas rumahnya memiliki ukiran karena pada waktu itu rumah-rumah masyarakat Tolbuk masih berbahan dasar bambu dan kayu serta kepemilikan harta masyarakat tolbuk kebanyakan berupa hak milik tanah.

Seiring dengan perkembangan dan meningkatnya pertumbuhan ekonomi di tahun 80 an masyarakat tolbuk marak melakukan perantauan sebagai alternative penunjang perekonomian mereka.

Syiar islam di masyarakat tolbuk menurut sumber yang ada ada sosok alim ulama yan memiliki julukan pangeran tengah yang sempat yang sempat berdiam di desa tolbuk untuk menyebarkan agama, namun tak berselang lama pangeran tengah pindah.

0 comments:

Post a Comment