Pengobatan Gratis


Pasien pengobatan gratis sedang dilakukan pengukuran tensi
Salah satu program kerja kkn 9 yang dilaksanakan di Desa Tolbuk yaitu Pengobatan Gratis Masal. Program kerja yang bertajuk tentang Pengobatan Gratis ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juli 2016 pukul 08.00 WIB bertempat di rumah Pak Kalebun Desa Tolbuk. Kkn 9 UTM bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Klampis dan Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan untuk Pengobatan Gratis ini. Kami sangat bersyukur respon masyarakat Desa Tolbuk sangat baik dan antusias dengan adanya program kerja ini. Pasien yang datang ikut serta dalam pengobatan gratis ini 300 orang dengan tenaga medis 10 orang dibantu oleh teman teman tim kkn kelompok 9 utm dan perangkat desa Tolbuk.

Tenaga medis yang ikut berperan dalam pengobatan gratis ini yaitu terdiri dari beberapa profesi seperti Dokter, Bidan, Perawat, dan Asisten Apoteker. Tiap-tiap tenaga medis membantu sesuai dengan profesi masing-masing. Dokter membantu untuk mendiagnosa penyakit pasien, Bidan membantu mendiagnosa pasien juga terlebih pada ibu-ibu hamil, Perawat membantu penyuntikan pasien, sedangkan asisten apoteker atau bagian farmasi membantu pelayanan resep obat.
Mahasiswa KKN membantu memandu pasien pengobatan gratis melalui pengeras suara
Kami tim kkn 9 berperan membantu kelancaran tiap tiap pos, seperti membantu pendaftaran, membantu mengantarkan dan menjelasakan obat kepada pasien dalam pengawasan asisten apoteker, membantu mengantarkan pasien pada ruang perawatan, membantu mengantarkan pasien pada pemeriksaan dokter, membantu ketertiban jalannya acara, dan tidak lupa membantu membagikan konsumsi untuk tenaga medis.

Masyarakat yang berpartisipasi dalam pengobatan gratis ini rata rata berusia lanjut atau lansia dengan keluhan pegal pegal seluruh badan, ada juga dari kalangan remaja hingga dewasa. Tidak hanya warga tetapi teman teman tim kkn 9 yang merasa kurang fit atau kurang enak badan juga ikut berpartisipasi menjadi pasien pada pengobatan gratis ini. Pelayanan pengobatan gratis dimulai dari pukul 09.00 hingga pukul 12.00 WIB tetapi saking antusiasnya warga untuk berpartisipasi memanfaatkan momen pengobatan gratis yang langka ini bahkan lewat dari jam pelayanan / pelayanan sudah ditutup warga masih berdatangan ke posko pengobatan gratis hingga tenaga medis kuwalahan untuk menangani pasien yang terlalu banyak, pada akhirnya pengobatan gratis ditutup paksa secara resmi pada pukul 13.00 karena dianggap sudah tidak kondusif lagi.
Pasien pengobatan gratis sedang melakukan antri pengambilan obat

Program kerja pengobatan gratis ini termasuk salah satu program yang sangat sukses dilihat dari jumlah peserta yang termasuk banyak dan juga program kerja ini disambut baik oleh warga masyarakat maupun perangkat Desa Tolbuk. Kami mengucapkan banyak banyak Terimakasih kepada pihak pihak yang telah membantu mensukseskan acara program kerja pengobatan gratis ini, Kepada Puskesmas Klampis, Kepada Kepala Desa Tolbuk, Kepada Perangkat Desa, Kepada Masyarakat dan juga Kepada teman teman kkn kelompok 9.

0 komentar:

Post a Comment