Tuesday, August 9, 2016

PARA PERAIH MIMPI DESA TOLBUK



Hasil cap tangan anak SDN Tolbuk 
Anak anak dapat dianalogikan sebagai selembar kertas putih, dimana kertas putih dapat diisi oleh berbagai macam warna. Yap, dari analogi tersebut dapat dianalisis bahwa seorang anak lahir dalam keadaan bersih, namun lingkunganlah yang membuat mereka berwarna. Lingkungan lah yang berperan untuk menciptakan warna-warna indah tersebut. Anak yang cerdas, berkarakter, dan santun sangat dibutuhkan sebagai generasi penerus bangsa. Selain orang tua, pendidikan juga merupakan salah satu pondasinya.

Pendidikan merupakan suatu wadah untuk menciptakan perubahan yang bermakna bagi kehidupan anak. Oleh karena itu, tujuan hidup seorang anak sudah harus ditumbuhkan, diciptakan, serta dibangkitkan sejak dini. Tujuan hidup seorang anak dapat tercermin dari cita-cita sederhana yang mereka inginkan. Namun, masih banyak anak yang masih bingung dengan cita-cita mereka. “Raih cita-citamu setinggi langit”, kata-kata tersebut mempunyai makna dan semangat yang sangat kuat.
Antusias para siswa SDN Tolbuk untuk berpartisispasi mengecap telapak tangan beserta cita-citanya
Oleh karena itu untuk mengetahui cita-cita anak-anak di desa Tolbuk, KKN kelompok 9 mengimplementasikan sebuah kegiatan yaitu cap tangan menggunakan cat pada selembar kain putih. Setelah mereka melakukan cap tangan tersebut, setiap anak harus menyebutkan cita-citanya dan menuliskannya di bawah cap tangan mereka. Kegiatan bertujuan untuk mengetahui cita-cita siswa SDN Tolbuk serta mengetahui sejauh mana keinginan mereka di masa yang akan datang. Kegiatan ini juga bermanfaat bagi diri siswa untuk menyemangati diri sendiri untuk belajar, karena cita-cita mereka telah mereka tuliskan di kain putih tersebut. Selain itu, juga bermanfaat untuk memupuk keyakinan anak-anak desa Tolbuk untuk merah cita-citanya.
Mahasiswa KKN Kel 9 sedang membantu seorang siswi mencap telapak tangannya pada kain yang telah disediakan
Kegiatan ini dilakukan tepat pada tanggal 05 Agustus 2016 di depan salah satu ruang kelas. Kegiatan ini juga dilaksanakan setelah kegiatan JJS yang sanagta meriah. Namun kegitan ini merupakan perpisahan KKN Kelompok 9 di SDN Tolbuk yang tercinta ini. Banyak hal yang dapat diambil dari pengalaman mengajar di sekolah ini. Keceriaan, semangat, dan perhatian siswa sangat terasa di lingkungan sekolah ini. Dengan adanya kegiatan ini, semoga harapan anak-anak desa Tolbuk yang telah mereka tuliskan dan yakini diatas kain putih itu dapat terkabulkan. Selamat berjuang para peraih mimpi desa tolbuk!! Semangat kalian akan selalu kami ingat.

0 comments:

Post a Comment