Media Pendukung

ilustrasi (sumber:http://www.kandhani.net)
Berbicara media yang terdapat di Desa Tolbuk ini memang sangatlah sederhana. Bahkan jauh dari kesan mewah. Tapi bukan tidak ada masyarakat yang memiliki media yang sudah bisa dikatakan mewah dan mengikuti zaman globalisasi, tapi porsinya sangat kecil. Tentunya ditinjau juga dari penghasilan dan keadaan ekonomi mereka. Padahal media ini sangatlah penting untuk mencari informasi terkini atau bahkan bisa menjadi sekedar hiburan untuk mengisi waktu luang. Untuk data yang kami himpun di lapangan, kebanyakan masyarakat Tolbuk memilih media televisi. Karena tidak dapat dipungkiri media televisi ini memang yang paling utama untuk mendapatkan informasi dari luar. Bahkan ada keluarga yang sudah mampu menambahkan parabola untuk lebih “mempertajam” media informasinya.

Media-media lain seperti koran, radio dan internet tidak begitu populer di desa ini. Namun ada beberapa yang masih tertarik menggunakannya, seperti media cetak koran misalnya, tidak semua penduduk bisa menikmati informasi dari media cetak ini. Selain tidak adanya agen Koran di Desa Tolbuk. Masyarakat juga harus mendapatkannya ke daerah kota atau menitipkan kepada saudara atau teman yang sering bepergian ke kota. Selain Pak Klebun, sangat jarang masyarakat yang menggunakan koran sebagai pelengkap media untuk mendapatkan informasi.

Media radio sulit ditemukan di Desa Tolbuk. Selain radio juga kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan informasi. Radio memang sedikit peminatnya karena yang didapat informasi hanya berupa suara.

Internet merupakan sebuah terobosan baru dalam media informasi. Selain penyalurannya cepat dan tepat, internet juga bisa dimanfaatkan kapan saja dan dimana saja. Seperti memanfaatkan sosial media layaknya facebook, twitter dll. Beberapa pemuda desa ini sudah menggunakan internet menggunakan smartphone yang digunakan untuk mengakses jejaring sosial seperti facebook, twitter, bbm, whatsapp, line, path dll. Beberapa warnet jarang di Desa Tolbuk ini dan jarak aksesnya pun lumayan jauh, menjadikan internet sebagai media yang mahal dan media alternatif bagi warga Tolbuk. Sedangkan untuk media luar ruang seperti papan pengumuman sama sekali belum ada di Desa Tolbuk

Untuk pengembangan desa, kelompok KKN UTM pun melakukan program blog desa. Dimana blog ini tentunya bertujuan untuk mengangkat potensi lokal Desa Tolbuk pada khususnya dan Kecamatan Klampis pada umumnya. Sehingga masyarakat dapat mengenal internet sebagai media yang lebih fleksibel dan mudah. Blog ini pun bertujuan untuk mengangkat dan mendekatkan Desa Tolbuk dengan Kecamatan Klampis dan Kabupaten Bangkalan untuk sama-sama mengembangkan potensi lokal dengan berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini. Sehingga semua masyarakat sadar akan teknologi dan bisa menghilangkan tradisi gaptek untuk orang desa.

0 komentar:

Post a Comment