Wednesday, August 3, 2016

BELAJAR BERSAMA DARI FILM

Anak-anak dan Remaja desa Tolbuk sedang nonton film bersama
Untuk mengisi kegiatan malam Minggu kelompok 9 Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura (KKN UTM)2016 mengajak seluruh anak-anak dan remaja di Desa Tolbuk menonton film bersama. Kegiatan nonton film bersama tersebut pertama kali dimulai pada Minggu ke 2 pelaksanaan KKN tepatnya hari Sabtu, 23 Juli 2016 di rumah Klebun (Kepala desa) Tolbuk. Adapun jenis film yang dipilih oleh mahasiswa KKN disesuaikan dengan nilai-nilai moral, kandungan montivasi cerita film, serta bebas unsur Pornografi, mistis, dan kekerasan.

Kegiatan nonton film bersama KKN Kelompok 9 rupanya menjadi sesuatu pengalaman baru bagi anak-anak dan remaja desa Tolbuk. Maklum, di Desa Tolbuk sampai saat ini belum ada bioskop atau warung kopi untuk tempat nonton bola bersama seperti di daerah perkotaan. Alhasil, antusiasme para anak-anak untuk menonton film sangat besar. Berdasarkan catatan daftar hadir peserta terdapat 25 anak. Namun, jumlah penonton ternyata terus bertambah sewaktu film diputar sehingga tidak ikut registrasi. Kalau semua di daftar ulang anak beserta orang tua yang ikut menonton film terdapat sekitar 50 orang.
Anak-anak sedang fokus menonton film
kegiatan nonton film bersama ini sebenarnya bukan bagian dari Program Kerja (Proker) KKN Kel 9. Tetapi oleh warga desa Tolbu bisa diterima secara baik. Hal ini seperti dituturkan oleh Samsul Arifin selaku klebun desa Tolbuk. Beliau mengatakan senang karena bisa mengumpulkan anak-anak ditengah waktu senggang mereka, sehingga di waktu malam minggu anak-anak dan remaja tidak hanya dihabiskan menonton tayangan sinetron tidak berkualitas.

Dukungan agar kegiatan menonton film bersama terlaksana setiap malam Minggu juga datang dari tokoh pemuda desa Tolbuk. Mereka secara sukarela meminjamkan proyektor, soundsistem, microfon, dan berbagai peralatan pendukung lainya. Bantuan juga dalam bentuk tenaga. Jika ada mahasiswa KKN kesulitan menginstalasi perangkat para pemuda tidak segan-segan membantu. Dalam pelaksanaan acara tidak ada sekat pembeda antara mahasiswa dan warga. Semua saling bahu membahu membantu.

Acara nonton film bersama semakin menarik karena panitia (mahasiswa KKN kelompok 9) mengadakan kuis berhadiah di akhir film. Pertanyaan yang diajukan tidaklah sulit. Seperti seputar siapa nama tokoh utama dalam film, bagaimana alur cerita film, profesi dari tokoh, kejadian pada scene-scene tertentu, dsb.

Walau nilai hadiah tidak seberapa, tapi bagi para penonton yang berhasil menjawab pertanyaan akan memiliki nilai gengsi tersendiri. Tidak jarang pemberi pertanyaan harus mengganti berulangkali pertanyaan-pertanyaan kuis karena dijawab oleh penonton sebelum waktunya.
Di akhir pemutaran film panitia membuat kuis berhadiah

Atas terlaksananya acara nonton Film bersama KKN kel 9 UTM mengucapkan terimakasih banyak kepada Klebun desa Tolbuk, pemuda desa Tolbuk, serta seluruh warga desa Tolbuk tentunya. Kedepan acara nonton film bersama untuk anak-anak di desa Tolbuk mungkin tidak bisa dilanjutkan setelah kegiatan KKN berakhir karena ketaktersediaan sarana dan prasarana penunjang. Tetapi tujuan KKN Kel 9 yang ingin menorehkan sedikit kenangan pengalaman pada anak-anak desa Tolbuk telah terlaksana dengan lancar. Harapanya setelah menonton Film anak-anak bisa mementik pengalaman yang kelak bisa berguna bagi masa depan mereka.

0 comments:

Post a Comment