Wednesday, August 3, 2016

Bakti Sosial Mahasiswa KKN UTM Bersama Warga Tolbuk

Seorang kakek membawa batu bata untuk pembetonan selokan 

Pada hari Minggu tanggal 31 Juli 2016, seluruh mahasiswa kelompok 9 Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura( KKN UTM) mengadakan kegiatan bakti sosial bersama mahasiswa KKN dari Sekolah Tinggi Agama Islam Syainacholil (STAIS) Bangkalan dan para warga Tolbuk. Bakti sosial dimulai pada pukul 7.30 pagi. Kegiatan bakti sosial kali ini difokuskan pada pembersihan lingkungan sekitar desa. Mulai dari jalan hingga parit di sekitar rumah warga.

Para warga sangat mendukung kegiatan ini, terbukti dengan adanya beberapa warga yang bersedia meminjamkan peralatan kebersihannya seperti sapu dan celurit. Beberapa warga juga nampak membantu untuk membersihkan area sekitar rumahnya. Warga merasa senang dengan adanya kegiatan bakti sosial ini karena membuat lingkungan desa Tolbuk menjadi lebih bersih dan asri lagi.
Warga saling membantu menyemen beton agar pekerjaan cepat selesai
Objek pembersihannya adalah rumput-rumput liar yang ada di pinggir jalan, sampah plastik, sampah organik, dan masih banyak lagi. Warga sudah cukup baik menjaga lingkungan tempat tinggalnya. Sehingga teman-teman tidak harus bersusah payah dalam membersihkan lingkungan Tolbuk. Rumput-rumput yang sudah dibersihkan menggunakan celurit kemudian diangkut menggunakan alat pengangkut. Lalu dipindahkan oleh teman-teman KKN yang lain ke tempat yang telah ditentukan. Teman KKN dan warga saling bahu-membahu membersihkan lingkungan desa Tolbuk.

Kegiatan bakti sosial juga bertepatan dengan agenda desa untuk membeton saluran drainase yang rusak. Sehingga setelah selesai bersih-bersih warga bersama mahasiswa kkn menggali kembali selokan untuk langsung dibeton. Kerena material seperti semen, pasir, dan batu bata sebatas sumbangan dari warga maka pembetonan selokan tidak bisa menyeluruh.
Salah satu mahasiswa KKN STAIS sedang semangat mengeruk selokan agar tidak terjadi banjir
Pada pertengahan bakti sosial, pak klebun beserta keluarga menyiapkan hidangan istimewa untuk mahasiswa dan warga. Makan bersama ini semakin mempererat kebersamaan dengan para warga. Setelah mengisi tenaga, semua orang kembali melanjutkan kegiatan bakti sosial hingga pukul 11.30.

Kegiatan bakti sosial pembersihan ini sudah dilakukan oleh kelompok KKN terdahulu di desa Tolbuk. Kegiatan ini seperti menjadi agenda rutin bagi mahasiswa yang menjalani KKN. Kegiatan ini bertujuan agar lingkungan desa Tolbuk lebih terjaga kebersihannya. Serta agar masyarakat lebih sadar terhadap kebersihan lingkungannya sendiri. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi semangat bagi warga untuk selalu mengadakan kegiatan bersih-bersih lingkungan secara rutin. Dengan lingkungan yang bersih, warga juga akan menjadi lebih sehat. Anak-anak akan lebih aman dan terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat disebabkan oleh lingkungan yang kotor.
Budaya gotong-royong masyarakat desa Tolbuk saat sedang kerja bakti

0 comments:

Post a Comment