Demonstrasi Uji Coba Pembuatan Kerajinan

Hasil akhir uji coba pembuatan kerajinan dari kerang
Selama kami berada di Desa Tolbuk, kelompok kami menjumpai banyak kerang di tepi-tepi tambak dimana kerang tersebut banyak yang sudah mati. Itulah salah satu alasan kami ingin mengajak warga masyarakat Desa Tolbuk membuat bersama-sama kerajinan tangan berbentuk miniatur-miniatur dari kerang. Tujuannya adalah agar masyarakat Desa Tolbuk mau dan ingin memanfaatkan limbah berupa kerang-kerang yang sudah mati untuk menghasilkan suatu karya yang dapat menghasilkan uang dalam meningkatkan perekonomian warga masyarakat Desa Tolbuk.

Pada tanggal 22 Juli 2016, kelompok kami melakukan uji coba pembuatan kerajinan tangan dari kerang. Kerajinan yang dibuat dari kerang ini dibentuk menjadi miniatur-miniatur yang bagus. Uji coba ini dilakukan dengan tujuan agar anggota kelompok 9 yang lainnya tahu bagaimana cara membuat kerajinan tangan dari kerang. Jadi, ketika kami kelompok 9 mendemonstrasikan pembuatan kerajinan tangan dari kerang bersama warga, kita semua tahu bagaimana cara membuatnya dan bisa memandu warga secara merata.
Proses pembersihan kerang dengan cairan HCL
Adapun demonstrasi uji coba pembuatan kerajinan tangan dari kerang yang telah kami lakukan ialah berupa boneka. Caranya ialah sebagai berikut:

  1. Mencuci kerang secara keseluruhan terlebih dahulu menggunakan air bersih 
  2. Mencampur cairan HCL ke dalam air, kemudian memasukkan kerang ke dalam larutan HCL untuk membersihkan cangkang kerang agar hasilnya lebih bersih dan mengkilat. 
  3. Setelah kerang dimasukkan ke dalam larutan HCL, kami meniriskan kerang tersebut beberapa menit. 
  4. Setelah kerang ditiriskan, kami menjemur kerang tersebut di bawah terik matahari.
  5. Sambil menunggu kerang yang dijemur kering, kami menyiapkan kardus, kain flanel warna merah dan hitam, gunting, lem, serta alat bantu membuat lingkaran. 
  6. Memotong kardus berbentuk bulat seperti tabung yang dilapisi dengan kain flanel berwarna merah dan hitam di atasnya 
  7. Setelah selesai, kami mengambil kerang yang sudah kering, kemudian menempelkan kerang kecil sebagai hiasan di atasnya kain flanel. 
  8.  Kemudian, kami mengambil kerang besar dan kecil yang akan dibentuk sesuai kreativitas yang sekiranya bagus dan berupa boneka. 
Merangkai kerang menjadi bentuk boneka
Setelah kami melakukan demonstrasi uji coba pembuatan kerajinan tangan berupa miniatur dari kerang, kami semua kelompok akan mengetahui bagaimana cara membuat miniatur dari kerang dan barang bekas lainnya untuk dimanfaatkan.
Dengan adanya pembuatan kerajinan berupa miniatur bersama warga masyarakat Desa Tolbuk, warga Desa Tolbuk akan mampu memanfaatkan barang bekas dan limbah sebagai sebuah karya yang akan menghasilkan uang dan bermanfaat bagi warga Desa Tolbuk.

0 komentar:

Post a Comment