Uji Coba Demonstrasi Pembuatan Pupuk

Kelompok proker pembuatan pupuk dari limbah kotoran sapi sedang melakukan uji coba sebelum didemonstrasikan di depan warga
Pada tanggal 16 Juli 2016, kami anggota KKN kelompok 9 melakukan demonstrasi pembuatan pupuk. Demonstrasi pembuatan pupuk ini dilaksanakan sebagai latihan kami sebelum diadakannya kegiatan “Penyuluhan Kesehatan Sapi dan Demonstrasi Pemanfaatan Limbah Kotoran Sapi untuk Pupuk”. Demonstrasi pembuatan pupuk ini dilakukan dengan tujuan agar semua anggota mengerti dan memahami secara benar cara pembuatan pupuk yang baik dan benar. Pembuatan pupuk ini dilakukan pada kegiatan “Penyuluhan Kesehatan Sapi dan Demonstrasi Pemanfataan Limbah Kotoran Sapi untuk Pupuk” yang dilaksanakan pada tanggal 23 Juli 2016.
Kelompok proker pembuatan pupuk dari limbah kotoran sapi sewaktu akan melalukan pengambilan kotoran sapi di kandang sapi milik salah satu warga Tolbuk
Demonstrasi pembuatan pupuk ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Mengambil kotoran sapi secukupnya.
  2. Kotoran sapi yang sudah diambil, diayak dulu yang kemudian diletakkan di papan.
  3. Memindahkan kotoran sapi yang ada di papan ke terpal agar lebih mudah dan lebih luas untuk menutupnnya.
  4. Mencampurkan air dengan satu botol EM4 dan dua sendok gula dalam wadah.
  5. Mencampurkan larutan air yang sudah dicampur dengan satu botol EM4             dan dua sendok gula.
  6. Mengaduk kotoran sapi yang sudah dicampur dengan larutan EM4, air, dan gula.
  7. Setelah kotoran sapi teraduk dengan rata, kami langsung menutup kotoran sapi yang sudah tercampur dengan larutan tersebut menggunakan terpal.
  8. Meletakkan pupuk yang sudah ditutup dengan terpal di tempat yang aman sekiranya tidak ada orang yang merusak dan tidak dibongkar, yang kemudian akan dibuka setelah tujuh hari.
Kelompok proker pembuatan pupuk dari limbah kotoran sapi sedang melakukan pecampuran semua bahan-bahan pembuatan pupuk
Pada demonstrasi pembuatan pupuk ini dilakukan oleh sebagian besar anggota. Sebagian besar anggota ikut berpartisipasi dalam memahami dan melakukan demonstrasi pembuatan pupuk. Dengan adanya kegiatan demontrasi pembuatan pupuk ini diharapkan semua anggota KKN kelompok 9 mampu mendemonstrasikan pembuatan pupuk bersama masyarakat dalam kegiatan “Penyuluhan Kesehatan Sapi dan Demonstrasi Pemanfaatan Limbah Kotoran Sapi untuk Pupuk” pada tanggal 23 Juli 2016.

Penyuluhan kesehatan sapi dan demonstrasi pemanfaatan limbah kotoran sapi untuk pupuk ini dilakukan bersama masyarakat dengan mengadakan penyuluhan terlebih dahulu yang kemudian dilakukan demonstrasi pembuatan pupuk bersama warga masyarakat desa Tolbuk.

Kelompok proker pembuatan pupuk dari limbah kotoran sapi mengaduk kotoran sapi dengan semua bahan yang sudah diracik

0 komentar:

Post a Comment