Bimbingan Belajar Bersama Siswa SDN Tolbuk

Para siswa tingkat sekolah dasar sedang belajar Bahasa Inggris bersama
Tawa riang para siswa SDN Tolbuk sangat terlihat, menggambarkan semangat belajar yang tinggi. Bimbingan belajar merupakan salah satu kegiatan yang diberikan oleh anggota KKN kelompok 9, untuk siswa SD di desa Tolbuk. Kegiatan ini dilakukan setiap hari senin, rabu, dan jumat pukul 19.00 s.d 20.30 WIB, yang bertempat di teras musholla kediaman Kades Tolbuk.

Hari pertama diadakannya kegiatan bimbel ini sangat menarik perhatian para siswa. Bahasa inggris merupakan pelajaran pembuka di awal pertemuan kami pada tanggal 18 Juli 2016 karena hari itu SDN Tolbuk belum ada kegiatan belajar mengajar di kelas. Pertemuan pertama kami isi dengan belajar alphabet (huruf), number (angka), dan animal (hewan). Meskipun siswa yang ikut berkisar antara 15 - 17 anak, tetapi tak menyurutkan semangat kami untuk berbagi wawasan dan kebahagiaan bersama mereka.
Sesi perkenalan masing-masing siswa dengan mahasiswa kkn sebelum belajar les bersama
Dengan media yang seadanya seperti spidol dan papan tulis, kami berusaha menciptakan suasana nyaman bagi mereka agar tetap semangat untuk belajar. Beberapa cara kami untuk tetap menarik perhatian mereka adalah dengan bernyanyi, dan memberikan reward kepada mereka yang memiliki kemauan untuk aktif dan untuk melatih daya ingat mereka.

Kegiatan ini tidak sepenuhnya dilakukan oleh anggota KKN kelompok 9 yang memiliki keahlian di bidang pendidikan, akan tetapi kami juga bergabung meskipun bukan mahasiswa jurusan pendidikan. Kami bergantian mengisi kegiatan ini untuk menghindari kejenuhan dalam belajar, yang juga berfungsi untuk saling mengenalkan diri kami terhadap para siswa untuk mengurangi kecanggungan berkomunikasi.
Berdoa bersama sebelum mengakhiri belajar les bersama
Sebelum pulang, kami selalu mengingatkan, dan memotivasi akan pentingnya belajar terutama di usia mereka sebagai generasi emas bangsa Indonesia. Bagi kami, kegiatan ini tidak sekedar berbagi ilmu pengetahuan yang kami miliki, akan tetapi juga mengajarkan bagaimana kita harus bersyukur, ikhlas, dan saling menghargai setiap apapun kondisi kita di dunia ini. Sehingga kami berharap, semoga di hari-hari berikutnya sampai seterusnya, kegiatan ini akan semakin membangkitkan semangat belajar siswa SDN Tolbuk, sehingga bisa mempertahankan serta memperluas wawasan mereka, yang kemudian dapat diaplikasikan dalam dunia mereka baik di sekolah maupun di lingkungan rumahnya.

0 komentar:

Post a Comment